What Is Kpi In Digital Marketing

Di era digital seperti sekarang ini, digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak dipilih oleh perusahaan dalam memasarkan produk atau jasanya. Penggunaan digital marketing tidak hanya efektif namun juga efisien karena dapat menjangkau target pasar dengan lebih luas, cepat dan hemat biaya.

How to Set Digital Marketing KPIs

channel-specific-digital-marketing-kpis

KPI (Key Performance Indicator) merupakan unit pengukuran yang digunakan untuk menentukan sejauh mana sebuah perusahaan mencapai tujuannya. Hal ini juga berlaku dalam digital marketing. KPI menjadi sangat penting dalam mengukur metrik digital marketing seberapa jauh suatu tujuan telah dicapai. Agar sukses dalam digital marketing, perusahaan perlu menentukan KPI yang tepat dan sesuai dengan tujuan digital marketing mereka.

Maka cara terbaik untuk menetapkan KPI digital marketing yang tepat adalah dengan memulainya dengan memahami tujuan bisnis perusahaan Anda. Dari situ, Anda dapat menentukan tujuan digital marketing yang spesifik dan jelas. Sebagai contoh, tujuan digital marketing perusahaan bisa berupa peningkatan traffic, peningkatan lead, atau penjualan produk atau jasa.

Dalam menentukan KPI digital marketing, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pertama, pastikan KPI yang Anda tentukan dapat diukur dan dihitung dengan jelas. Kedua, KPI yang Anda pilih harus berkaitan dengan tujuan bisnis dan digital marketing perusahaan, serta dapat mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan bisnis. Ketiga, KPI yang Anda pilih harus realistis dan dapat dicapai.

Digital marketing KPIs: Is your business tracking them right?

digital-marketing-KPIs-most-important

Saat memulai strategi digital marketing, banyak dari kita cenderung fokus pada aspek kreatif seperti desain, konten, dan kampanye. Namun, tanpa mengukur data dan menganalisisnya, kita tidak akan tahu sejauh mana strategi digital marketing kita berhasil dan bagaimana kita bisa meningkatkan strategi kita.

BACA JUGA   Jurnal Digital Marketing

Berikut adalah beberapa jenis KPI yang harus diperhatikan dalam digital marketing:

Apa itu Conversion Rate?

Conversion rate mengukur persentase pengunjung sebuah website yang melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mengisi formulir, dan sebagainya. Tingkat konversi yang tinggi menandakan bahwa website Anda efektif dalam mempengaruhi pengunjung untuk melakukan tindakan di website Anda.

Mengapa Conversion Rate penting?

Tingkat konversi yang tinggi mengindikasikan bahwa website Anda telah mendapatkan perhatian pengunjung dan menarik mereka untuk melakukan tindakan tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa strategi digital marketing Anda berjalan dengan baik dan efektif dalam menarik pengunjung Anda.

Jenis-jenis Conversion Rate

Conversions terdiri dari beberapa jenis, diantaranya: lead form fill, free trial sign-up, add to cart, dan others.

Cara Kerja Conversion Rate

Conversion rate dapat dihitung dengan membagi jumlah konversi dengan jumlah pengunjung situs per bulan atau periode waktu lainnya. Maka, semakin tinggi konversi maka semakin tinggi efektifitas digital marketing Anda.

Keuntungan Conversion Rate

Tingkat konversi yang tinggi dapat meningkatkan ROI (return on investment) Anda. Anda dapat memperoleh pengunjung yang tertarget dan menarik mereka untuk melakukan tindakan tertentu pada website Anda. Selain itu, pengukuran conversion rate juga dapat membantu Anda meningkatkan tampilan dan pesan pada website Anda.

Manfaat Conversion Rate

Dengan memantau conversion rate website Anda, Anda dapat memahami perilaku pengunjung dan menjadi lebih efektif dalam menyajikan konten dan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Anda juga dapat memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs Anda dan bagaimana anda dapat meningkatkan strategi digital marketing anda.

Cara Asosiasi Objetif dengan KPI dalam Digital Marketing

que-es-KPI-metricas-marketing-digital

Sebelum menentukan KPI untuk digital marketing, perusahaan harus menentukan apa tujuan bisnis dari aktivitas digital marketing tersebut. Tujuan bisnis inilah yang nantinya akan dijabarkan ke dalam tujuan digital marketing dan KPI pada tahap selanjutnya.

BACA JUGA   Tahap Digital Marketing

KPI sesuai dengan tujuan bisnis

KPI yang telah ditetapkan harus sesuai dengan tujuan bisnis yang telah didefinisikan sebelumnya. Sebagai contohnya, jika tujuan bisnis adalah penjualan, maka KPI akan berkaitan dengan angka penjualan. Sedangkan jika tujuan bisnis adalah meningkatkan traffic ke website, maka KPI tersebut akan berkaitan dengan traffic yang dihasilkan.

Pilih KPI yang dapat diukur

KPI yang dipilih haruslah terukur agar mudah ditangkap dan dipahami. Sebagai contoh, jika KPI yang dipilih adalah traffic, maka kita perlu menggunakan tools google analytics yang dapat memberikan angka traffic.

Tetapkan target yang realistis

Tentukanlah target yang realistis dan sesuai dengan kondisi dan kemampuan perusahaan. Pastikan bahwa target yang ditetapkan dapat dicapai dan terukur secara baik.

Perbarui KPI Anda secara berkala

KPI yang ditetapkan harus diperbarui secara berkala sesuai dengan perkembangan perusahaan. Maka, suatu KPI yang pernah digunakan akan dapat diubah atau disesuaikan seiring perubahan tujuan perusahaan.

How to Choose Goals and KPIs for Digital Marketing Campaigns

digital-marketing-kpis

Saat memulai kampanye digital marketing, perusahaan harus memiliki tujuan dan KPI yang spesifik sehingga dapat memudahkan perusahaan dalam mengukur kesuksesan kampanye dan mengetahui apakah kampanye tersebut efektif dalam menjangkau target pasar atau tidak.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan tujuan dan KPI kampanye digital marketing:

Tujuan dan KPI Harus Spesifik dan Jelas

Menentukan tujuan dan KPI yang spesifik dan jelas sangat penting sebagai pedoman dalam mengembangkan kampanye. Sebagai contoh, apabila tujuan kampanye digital marketing perusahaan adalah meningkatkan penjualan produk tertentu, KPI kampanye tersebut harus berupa angka penjualan produk tersebut.

Perluas Wawasan Tentang KPI

Beberapa perusahaan lebih sering memilih KPI yang bersifat umum seperti tingkat traffic, volume penjualan, dan tingkat konversi. Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan KPI lain yang relevan dengan tujuan kampanye seperti cost per customer acquisition, cost per lead, dan tingkat engagemen.

BACA JUGA   Vokraf Digital Marketing

Periode Waktu untuk Evaluasi Kampanye

Perusahaan perlu menetapkan periode waktu yang jelas untuk mengevaluasi kesuksesan kampanye. Jangka waktu ini dapat bervariasi tergantung pada tujuan dan jenis kampanye digital marketing yang dilakukan.

Analisis Data

Setelah suatu kampanye digital marketing selesai, perusahaan harus mengevaluasi data dan menganalisis hasilnya. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui apakah kampanye tersebut berhasil dalam mencapai tujuan dan KPI yang telah ditetapkan.

Perbarui KPI Kampanye Digital Marketing

Perusahaan perlu mempertimbangkan untuk memperbarui KPI kampanye digital marketing secara berkala, terutama jika tujuan atau strategi perusahaan berubah. Sehingga, perusahaan dapat lebih efektif dalam mengukur kesuksesan kampanye dan mencapai tujuan bisnis mereka.

Dalam digital marketing, KPI merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan secara serius oleh perusahaan. Dalam menentukan KPI, kita harus memastikan KPI yang dipilih tepat sesuai dengan tujuan digital marketing perusahaan serta dapat diukur secara jelas dan akurat. Dengan memperhatikan hal ini, diharapkan digital marketing perusahaan dapat sukses dan efektif dalam menjangkau target pasar dan mencapai tujuan bisnis mereka.