Konsep Digital Marketing Pdf

Konsep digital marketing merupakan strategi pemasaran terkini yang menggabungkan beragam teknologi digital untuk promosi dan penjualan produk atau jasa. Seperti yang disebutkan di beberapa sumber seperti

Digitera Technologies

dan

Ibnudin.net

, digital marketing memiliki sifat dinamis, kreatif, dan efektif dalam merebut perhatian konsumen.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan berbagai media digital seperti internet, media sosial, email, dan aplikasi mobile. Dalam konsep digital marketing, perusahaan fokus untuk mempromosikan produk dengansaat menciptakan hubungan dengan calon konsumen. Dengan memanfaatkan berbagai fitur pada media digital, konsumen dapat diberikan informasi yang lebih akurat dan dibujuk untuk membeli produk tersebut.

Mengapa Digital Marketing Penting?

Dalam era digital yang semakin berkembang, konsumen semakin bergeser dari penggunaan media tradisional ke media digital. Oleh karena itu, menerapkan digital marketing menjadi penting untuk menjangkau konsumen pada masa ini. Selain itu, digital marketing juga memiliki fleksibilitas dalam menjangkau segmentasi konsumen tepat, menggunakan alat pencarian, dan membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh TTI Global, digital marketing juga dianggap lebih efektif dalam menjangkau konsumen, dibandingkan dengan media tradisional.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Argia Academy

menyebutkan beberapa jenis digital marketing, diantaranya adalah:

  1. Search Engine Optimization (SEO): Melakukan optimasi website untuk menempatkan kata kunci pada kondisi yang menguntungkan agar muncul pada halaman utama hasil pencarian pada mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll).
  2. Search Engine Marketing (SEM): Melakukan optimasi iklan pada hasil pencarian mesin pencari dengan cara membayar untuk ditampilkan di posisi atas hasil pencarian atau sponsor.
  3. Social Media Marketing (SMM): Strategi pemasaran yang cross-platform untuk memperluas jangkauan pelanggan melalui media sosial.
  4. Content Marketing: Melakukan distribusi konten berupa tulisan, gambar, atau video yang bermutu pada berbagai platform supaya mampu menjangkau audiens secara luas dan melalui lebih dari sekedar penjualan.
  5. Mobile Advertising: Melakukan iklan pada segmen mobile pelanggan menggunakan aplikasi atau website dari berbagai perangkat mobile (tablet, smartphone) dan saluran komunikasi.
  6. Email Marketing: Melakukan pembuatan pesan langsung ke pelanggan atau target promosi melalui email.
BACA JUGA   Skkni Digital Marketing Pdf

Cara Kerja Digital Marketing

Dalam konsep digital marketing, strategi pemasaran menggunakan media digital terbagi menjadi dua jenis, inbound marketing, dan outbound marketing. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keduanya:

  1. Inbound Marketing: Dalam inbound marketing, konsumen akan mendatangi produk atau jasa yang diinginkan. Konsumen mendapatkan informasi mengenai produk atau jasa melalui blog, media sosial, atau website yang disediakan oleh perusahaan. Cara ini dirasa lebih efektif dalam menarik perhatian para konsumen yang memiliki ketertarikan dengan produk yang sedang dipromosikan.
  2. Outbound Marketing: Dalam outbound marketing, perusahaan akan menjangkau calon pelanggan atau konsumen yang sedang mencari produk atau jasa yang serupa, melalui berbagai channel pemasaran yang memerlukan biaya. Nyatanya, teknik ini bisa bertahan lama meskipun kemampuan orang untuk menjangkau informasi sudah begitu kompleks.

Keuntungan dan Manfaat Digital Marketing

Konsep digital marketing memberikan manfaat yang sangat banyak bagi perusahaan, diantaranya adalah:

  • Target pasar lebih luas: Konsep digital marketing memperluas jangkauan target pasar, baik secara nasional maupun internasional, sehingga penghasilan perusahaan dapat meningkat.
  • Nilai investasi yang rendah: Teknik digital marketing memberikan alternatif marketing yang lebih hemat dan lebih efektif. Hal ini karena teknik digital marketing mengurangi pengeluaran biaya pengiklanan di media cetak atau media televisi yang terkadang lebih mahal.
  • Lebih efisien dan efektif: Konsep digital marketing, berbasis pada penggunaan website dan media sosial dapat memudahkan perusahaan untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Hal ini membantu perusahaan menjalankan strategi pemasaran secara lebih tepat sasaran.
  • Memantau hasil kampanye: Menggunakan teknik digital marketing yang memiliki platform yang komprehensif dapat membuat perusahaan memantau hasil kampanyenya dengan lebih baik. Agensi digital marketing telah memperkenalkan alat pengukuran yang mengatur sinergi antara penggunaan social media dan earning website pada bisnis tersebut.
BACA JUGA   Skripsi Digital Marketing Umkm

Dalam era digital yang semakin berkembang, konsep digital marketing menjadi salah satu faktor fundamental yang penting dalam melakukan pemasaran produk atau jasa dan dapat menjadi panduan bagi perusahaan dalam mengelolah operasionalnya. Dengan menerapkan konsep digital marketing yang tepat, maka melalui taktik dan strategi, perusahaan dapat meningkatkan keuntungan dan menjangkau penggemar dan pelanggan lebih banyak dikarenakan didukung oleh perkembangan teknologi digital yang semakin maju.