Internet Digital Marketing

Hey teman-teman! Kalian mungkin sudah ga asing lagi dengan istilah digital marketing ya? Tapi, tahukah kalian apa itu digital marketing? Simak yuk!

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah penggunaan teknologi digital untuk mempromosikan produk atau jasa melalui berbagai macam media digital. Dalam era digital ini, digital marketing menjadi sangat penting bagi bisnis apa pun. Karena, melalui digital marketing, bisnis dapat menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan penghasilannya.

6 Pillars to Successful Digital Marketing

Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita lihat apa saja jenis-jenis digital marketing yang ada:

Jenis-Jenis Digital Marketing

  1. Search Engine Optimization (SEO)

    Adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil pencarian (SERP) pada mesin pencari seperti Google atau Yahoo.

    Cara kerjanya antara lain dengan melakukan optimasi pada konten website dan memperbaiki segala informasi yang berkaitan dengan website tersebut.

    Dengan SEO, website kita akan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan potensial ketika mencari produk atau jasa yang sesuai dengan bisnis kita.

    Keuntungannya adalah kita akan mendapatkan traffic organik yang lebih banyak dan gratis ke website kita.

    Manfaatnya adalah meningkatkan brand awareness kita dan mendapatkan pembeli potensial secara organik.

  2. Search Engine Marketing (SEM)

    Adalah teknik digital marketing yang bertujuan untuk menampilkan iklan produk atau jasa dalam bentuk iklan di halaman hasil pencarian (SERP).

    Cara kerjanya adalah dengan melakukan kampanye iklan melalui Google AdWords dan muncul pada hasil pencarian ketika kata kunci yang sesuai dengan iklan kita

    Keuntungannya adalah mempercepat terjadinya konversi karena produk atau jasa kita akan langsung muncul di halaman hasil pencarian Google.

    Manfaatnya adalah kita bisa menentukan target audience dan meningkatkan sales dari konversi pembelian.

  3. Social Media Marketing (SMM)

    Adalah teknik digital marketing yang bertujuan menjangkau lebih banyak orang melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.

    Cara kerjanya adalah dengan membuat konten yang menarik dan memposting secara berkala di sosial media.

    Keuntungannya adalah meningkatkan popularitas bisnis kita dan dapat memperluas jaringan koneksi kita.

    Manfaatnya adalah kita dapat lebih mudah menjangkau target audiens yang spesifik dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

  4. Email Marketing

    Adalah teknik digital marketing yang menggunakan email sebagai sarana promosi.

    Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan email promosi ke daftar email pelanggan potensial.

    Keuntungannya adalah kita dapat mengirimi pelanggan potensial dengan informasi promo terbaru dan menarik.

    Manfaatnya adalah kita dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan potensial dan meningkatkan kemungkinan konversi menjadi pembeli.

  5. Content Marketing

    Adalah teknik digital marketing yang fokus pada pembuatan konten yang lebih baik.

    Cara kerjanya adalah dengan membuat konten yang lebih relevan dan berkualitas tinggi yang nantinya akan dipasarkan secara online.

    Keuntungannya adalah kita dapat meningkatkan trafik website dengan membuat konten yang relevan dan berkualitas tinggi.

    Manfaatnya adalah kita bisa membangun kredibilitas bisnis kita dan mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial.

  6. Affiliate Marketing

    Adalah teknik digital marketing yang menawarkan peluang bagi seseorang untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki oleh bisnis lain.

    Cara kerjanya adalah dengan menjual produk atau jasa orang lain melalui link unik yang diberikan oleh bisnis tersebut.

    Keuntungannya adalah kita akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi melalui link yang kita bagikan.

    Manfaatnya adalah kita dapat mengembangkan network marketing kita dan menghasilkan penghasilan tambahan.

BACA JUGA   Digital Marketing Cover Letter

Setelah mengetahui apa itu digital marketing dan jenis-jenisnya, selanjutnya kita akan membahas mengapa digital marketing menjadi sangat penting untuk bisnis.

Mengapa Digital Marketing Sangat Penting bagi Bisnis?

Dalam era digital ini, digital marketing menjadi sangat penting bagi bisnis apa pun. Ini karena digital marketing memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya:

  1. Lebih Ekonomis

    Dibandingkan dengan iklan media tradisional seperti televisi, radio atau surat kabar, digital marketing lebih ekonomis karena biayanya lebih murah. Bahkan tidak sedikit yang bisa dilakukan secara gratis seperti social media marketing dan SEO.

  2. Lebih Mudah Diukur

    Digital marketing dapat diukur dengan mudah. Kita dapat mengetahui jumlah traffic, konversi, engagement, dan masih banyak lagi hanya dengan melihat dari dashboard atau paltform yang kita gunakan.

  3. Lebih Cepat Mencapai Target Audience

    Digital marketing dapat menyediakan informasi kepada target audience lebih cepat. Bahkan, jika kita menargetkan di platform media sosial, bisa langsung terlihat oleh target audience hanya dalam waktu kurang dari 24 jam.

  4. Lebih Mudah Menjual Produk atau Jasa

    Digital marketing sangat membantu dalam mengubah prospek menjadi pembeli lebih efektif. Kita dapat menargetkan audiens yang tepat dan menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Nah, sekarang setelah mengetahui mengapa digital marketing sangat penting bagi bisnis, mari kita lihat cara kerja digital marketing.

Cara Kerja Digital Marketing

Digital marketing bekerja dengan beberapa cara, diantaranya:

  1. Tentukan Target Audience

    Sebelum kita melakukan digital marketing, kita harus menentukan target audience kita terlebih dahulu. Kita harus tahu siapa saja yang akan menjadi pelanggan kita dan bagaimana profil pelanggan tersebut.

  2. Buat Konten yang Menarik

    Setelah mengetahui target audience kita, kita harus membikin konten yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka agar mereka tertarik untuk membeli produk atau jasa kita.

  3. Sebarkan Konten

    Setelah konten dibuat, kita harus menyebarkannya ke media online seperti website, sosial media dan platform online lainnya agar konten dapat terlihat oleh target audience kita.

  4. Maintain Engangement/Hubungan

    Setelah target audience tertarik dan berinteraksi dengan konten yang kita buat, kita harus selalu mempertahankan hubungan baik dengan mereka agar tetap tertarik pada produk atau jasa kita.

BACA JUGA   Digital Marketing Video

Nah, selain mengenal apa itu digital marketing, jenis-jenisnya dan cara kerjanya, kita juga harus memperhatikan keuntungan dan manfaat dari digital marketing.

Keuntungan dan Manfaat Digital Marketing

Berikut adalah keuntungan dan manfaat yang dapat kita dapatkan dengan melakukan digital marketing:

  1. Mendapatkan Traffic Organik

    Dengan melakukan SEO, website kita dapat mendapatkan trafik organik yang lebih banyak dan gratis ke website kita, sehingga kita dapat menjangkau lebih banyak orang.

  2. Menyajikan Informasi

    Digital marketing membuat konten yang informasinya cukup mengena bagi audiens yang ingin mendapatkan informasi terkait bisnis kita seperti produk atau jasa yang kita tawarkan. Jadi kita tidak mempromosikan produk atau jasa kita secara langsung, tetapi dengan konten yang menyajikan informasi yang berguna.

  3. Mendapatkan Brand Awareness yang Tinggi

    Dengan digital marketing, brand awareness kita menjadi lebih mudah terlihat dan berkembang. Kita dapat memperkenalkan brand kita kepada lebih banyak orang, termasuk target audience kita.

  4. Lebih Mudah Menjangkau Target Audience

    Digital marketing memungkinkan kita untuk lebih mudah menjangkau target audience yang spesifik. Kita dapat mengatur target audience dari segi rentang usia, wilayah bahkan perilaku target audience tersebut.

  5. Lebih Efektif dan Efisien

    Digital marketing lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan manual atau offline marketing. Karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dan lebih cepat dalam menjangkau target audience.

Jadi, demikianlah penjelasan lengkap tentang digital marketing. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman. Jangan ragu untuk menggunakan digital marketing dalam mengembangkan bisnis Anda. Ayo, mulai sekarang sukseskan bisnis kita dengan digital marketing. Sampai jumpa lagi!