Digital Marketing Hashtags

Hashtag merupakan sebuah karakter atau tanda pagar (#) yang dikombinasikan dengan kata atau frasa tertentu sebagai penghubung topik di media sosial. Dalam dunia digital marketing, penggunaan hashtag menjadi salah satu strategi yang populer digunakan. Anda bisa memanfaatkan fitur hashtag untuk meningkatkan visibilitas, engagement, dan selalu up to date dengan tren topik.

The History and Power of Hashtags in Social Media Marketing

The History and Power of Hashtags in Social Media Marketing

Apa itu hashtag dan mengapa hashtag menjadi strategi yang populer di digital marketing? Hashtag pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 oleh Chris Messina di platform Twitter sebagai cara untuk mengkategorikan topik atau topik trending. Dalam waktu singkat fitur ini menjadi populer dan sekarang dapat ditemukan di hampir semua platform media sosial terbesar.

Penggunaan hashtag dalam strategi digital marketing memungkinkan bisnis untuk mencapai audiens yang lebih besar dengan lebih mudah. Anda dapat menghubungkan konten Anda dengan topik yang sedang tren dan mencoba memanfaatkan kekuatan viral dari sebuah tagar. Selain itu, penggunaan hashtag dapat membantu meningkatkan awareness brand dan membuat konten Anda lebih mudah ditemukan oleh calon klien atau pelanggan.

The BEST Digital Marketing Hashtags for Instagram

The BEST Digital Marketing Hashtags for Instagram

Jenis-jenis hashtag dalam digital marketing sangat bervariasi dan tergantung pada platform yang Anda pilih. Salah satu platform media sosial yang paling populer adalah Instagram, oleh karena itu, mari kita lihat beberapa contoh hashtag digital marketing terbaik untuk Instagram :

Apa itu hashtag di Instagram?

Fokus utama di Instagram adalah visual. Oleh karena itu, penggunaan hashtag yang relevan sangat penting untuk membantu audiens menemukan konten Anda. Hashtag di Instagram dapat mencakup topik apa pun dari gaya hidup hingga makanan, travel, dan banyak lagi. Anda dapat memilih untuk menggunakan hashtag yang sudah ada atau membuat hashtag yang baru berdasarkan topik yang ingin Anda sasar.

BACA JUGA   Digital Marketing Linkedin

Mengapa menggunakan hashtag di Instagram?

Hashtag di Instagram membantu meningkatkan exposure konten dan memungkinkan pelanggan baru menemukan bisnis Anda. Dengan penggunaan hashtag yang tepat, Anda dapat meningkatkan engagement dan jumlah followers.

Jenis-jenis hashtag di Instagram dalam digital marketing

Hashtag yang relevan dan populer akan membantu Anda menjangkau audiens baru dan memperluas jangkauan brand. Berikut adalah beberapa jenis hashtag digital marketing yang umum digunakan di Instagram :

  • Branded Hashtag: Hashtag yang dibuat oleh brand sendiri untuk mempromosikan brand atau campaign tertentu. Contoh: #Nike, #CocaCola.
  • Industry Hashtag: Hashtag yang digunakan untuk industri yang sama, membantu untuk lebih spesifik dalam mencari audience yang lebih tersegmentasi. Contoh:#beautyindustry, #fashionindustry
  • Trending Hashtag: Hashtag yang lagi trend, membantu untuk mencari audience yang lebih luas yang tengah atau sedang populer dalam platform sosial media tersebut. Contoh: #throwbackthursday #selfie #ootd #nationalcoffeeday
  • Location-Based Hashtag: Hashtag yang digunakan oleh bisnis tertentu untuk mencakup area geografis tertentu,dapat membantu untuk mencari audience yang lebih tersegmentasi berdasarkan lokasi. Contoh: #jakartafood, #bandungcoffee

Cara Kerja Hashtag di Instagram

Jika ingin hashtag Anda terlihat oleh ribuan hingga jutaan pengguna, Anda harus mengetahui bagaimana cara kerja hashtag. Di Instagram, hashtag terhubung ke topik yang sama, sehingga jika pengguna memasukkan kata kunci hashtag ke pencarian, mereka akan melihat semua posting yang menggunakan hashtag yang sama.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan hashtag dengan benar di Instagram :

  • Hashtag yang relevan: pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan konten yang diposting, dan cocok dengan target audiens yang diinginkan.
  • Pilih yang lebih spesifik: mengutamakan hashtag yang mempunyai volume yang relevan,yaitu angka yang menunjukkan jumlah instagram user yang menggunakan hashtag tersebut. Bukan hanya jumlah, cenderungi mengunakan hashtag yang ada dalam medium volume, karena hashtag dengan volume paling rendah atau paling tinggi lebih rentan disalahgunakan atau tidak efektif.
  • Jangan terlalu banyak hashtag: jangan terlalu membanjiri caption dengan hashat, lebih dari 10 menurunkan engagement dari postingan tersebut.
  • Post konsisten: cara yang terbaik untuk menggunakan hashtag dengan efektif di Instagram adalah dengan terus menyertakan hashtag dalam setiap posting.
BACA JUGA   Powerpoint Digital Marketing

Keuntungan Hashtag di Instagram

The key advantages of using hashtags on Instagram are mainly to increase engagement rates and to add to the visibility of your content.

Berikut adalah beberapa keuntungan penggunaan hashtag di Instagram:

  • Meningkatkan exposure: Penggunaan hashtag pada postingan Anda membantu meningkatkan jangkauan audiens dan meningkatkan peluang ditemukan oleh audience yang lebih besar.
  • Meningkatkan engagement: Hashtag memungkinkan untuk mencari dan bergabung dengan komunitas yang tertarik dengan topik atau bahasan yang sama.
  • Meningkatkan branding: Penggunaan hashtag dapat memperkuat branding Anda dan membantu menciptakan image yang lebih kuat di mata pengguna.

Manfaat hashtag di Instagram

Penggunaan hashtag dapat membawa berbagai manfaat bagi bisnis Anda, termasuk:

  • Meningkatkan kesadaran: Agar bisnis dan konten terlihat lebih terkait dan relevan bagi target pelanggan yang lebih luas.
  • Menjangkau calon pelanggan: Hashtag yang tepat membantu dalam menjangkau konsumen tertentu atau target segmen.
  • Meningkatkan engagement: Meningkatkan interaksi melalui post tertentu dan membangun komunitas dalam hal tipe posting tertentu atau terkait dengan konten merek.
  • Memperluas jangkauan: Menggunakan jenis hashtag yang tepat dapat memperluas jangkauan brand secara online bersama dengan semakin meningkatkan traffic dan calon customer.

POPULAR HASHTAGS

POPULAR HASHTAGS

Di dunia digital marketing, hashtag memang sangat membantu dalam memperluas jangkauan brand dan menjangkau audience yang lebih luas. Namun, tidak semua hashtag adalah sama dan ada beberapa karyawan digital marketing yang menggunakan hashtag yang salah. Seperti dalam contoh populer saat postingan menggunakan hashtag “neymar” pada postingan mengenai produk makanan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pemain sepak bola tersebut.

Maka dari itu, simak di bawah ini beberapa contoh hashtag digital marketing yang populer dan sering digunakan oleh para profesional di industri ini :

  • #DigitalMarketing: Hashtag yang digunakan untuk mempromosikan konten digital marketing secara umum.
  • #SocialMediaMarketing: Hashtag yang sering digunakan untuk kampanye media sosial dan berita terbaru tentang platform media sosial.
  • #ContentMarketing: Hashtag yang digunakan untuk mempromosikan konten, strategi, dan teknik pemasaran konten.
  • #SEO: Hashtag yang digunakan untuk mempromosikan optimization untuk mesin pencari dan strategi optimasi SEO.
  • #EmailMarketing: Hashtag yang digunakan untuk mempromosikan strategi email marketing dan teknik untuk meningkatkan engagement melalui email.
  • #PPC: Hashtag yang digunakan untuk mempromosikan pay-per-click advertising atau kampanye per klik.
  • #AffiliateMarketing: Hashtag yang digunakan untuk kampanye affiliate marketing dan pembahasan terkait program affiliate.
  • #InfluencerMarketing: Hashtag yang digunakan pada kampanye influencer marketing dan penggunaan influencer dalam strategi pemasaran.
  • #Analytics: Hashtag yang sering digunakan untuk pembahasan analisis marketing seperti web analytics, social media analytics dsb.
  • #MobileMarketing: Hashtag yang digunakan untuk pembahasan strategi pemasaran pada mobile device dan teknologi mobile marketing.
BACA JUGA   Motivasi Digital Marketing

Penggunaan Hashtag yang Tepat

Memilih hashtag yang tepat untuk bisnis Anda sangat penting. Anda harus mencari hashtag yang relevan dengan bisnis Anda dan popularitas yang tinggi. Namun, tidak perlu khawatir jika Anda tidak dapat menemukan hashtag yang sesuai dengan merek atau produk Anda. Anda dapat memilih untuk membuat tagar baru berdasarkan nama brand, campaign tertentu atau bahkan hashtag unik yang bisa dikenali oleh pelanggan.

Juga, jangan terlalu terobsesi dengan penggunaan hashtag. Anda juga harus fokus pada kualitas dari konten dan strategi terkaitnya. Secara keseluruhan, penggunaan hashtag adalah salah satu teknik yang bisa membantu memperluas jangkauan digital marketing Anda. Tetapi, harus selalu ada kesesuaian antara konten dengan hashtag, dan jangan terlalu banyak menghapus penggunaan hashtag dalam suatu posting.

Ingin membangun strategi digital marketing bersama kami? Jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda dalam memperkuat branding serta meningkatkan peluang bisnis Anda.